Apa dan Mengapa Konservasi

"Underwater Sadness" oleh Ramon Dominguez
(sumber : binscorner.com)

Apa itu konservasi ?

  • Pemanfaatan secara berhati-hati untuk mencegah terkurasnya sumberdaya
  • Suatu aksi secara sadar untuk memanfaatkan sumberdaya secara lebih efisien
  • Perlindungan, pengawetan, pemanfaatan sebagian untuk mempertahankan keberlanjutan
  • ...
  • ...

Teman-teman punya interpretasi masing-masing kan?

Point penting dari konservasi adalah perlindungan, proteksi, pengawetan, preservasi dan pemanfaatan berkelanjutan. Jika menilik dari peraturan, menurut UU No 5 Tahun 1990, Konservasi Sumber Daya Hayati adalah pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya.

Mengapa konservasi ?


Disini, saya fokuskan ke konservasi sumber daya kelautan dan perikanan ya ya. Saya rasa alasannya tak jauh berbeda dengan konservasi sumber daya lainnya J. Tau enggak, sekarang perikanan sedang dalam kondisi penangkapan berlebih, bayangkan saja ikannya belum memijah tapi sudah kita tangkap. Selain itu, sekarang sudah mulai merambah terjadinya penangkapan yang destruktif. Ikan sudah mulai jarang dijumpai, “pabriknya ikan” alias terumbu karang dibom, tujuannya untuk mendapatkan ikan dengan lebih mudah. Kalau pabriknya rusak, lalu dimana dong mencari ikan? Isu selanjutnya adalah hilangnya spesies. Tahu kan tentang dinosaurus yang punah karena adanya benda luar angkasa yang menghantam bumi. Nah, biota lautpun bisa punah walaupun tidak ada benda luar biasa lagi yang menghantam bumi. Punahnya bisa saja karena karena tak mampu beradaptasi dari kondisi lingkungan yang berubah, seleksi alam dan tekanan aktivitas manusia.

Dan sekali lagi, mengapa konservasi ?

  1.  Menjaga sumber mata pencaharian
  2. Pilihan – jangka pendek vs keuntungan jangka panjang
  3. Hak generasi berikutnya
  4. Mencegah kehilangan spesies sebelum diketahui
  5. Komitmen terhadap ketentuan hukum global
  6. Keputusan bersama pemerintah

Materi ini saya dapat dari presentasi dosen saya, Bapak Dhira Kurniawan S., S.Kel, M.Sc di kelas Konservasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kawasan Konservasi Perairan

Marine Botany

Ancaman Bagi Keanekaragaman Hayati Laut